Tempo Lagu Lagu hymne


Penentuan tempo merupakan salah satu faktor penting dalam mengiringi. Tempo merupakan konsistensi / kerataan jarak waktu antar satu ketukan ke ketukan berikutnya yang menjadi standard pembagian durasi dari nilai note.
Untuk lagu-lagu yang telah dilengkapi dengan panduan tempo baik dalam bentuk kata ( allegro / lento ) maupun tanda metronome ( M.M=86 ), akan sangat mudah bagi kita memainkan lagu sesuai anjuran dari penulisnya, yang biasanya para pencipta lagu mengingini kecepatan lagu tersebut dinyanyikan.
Akan menjadi sebuah kesulitan bagi para pemain musik jika tanda tempo tidak dimasukan. Hal ini banyak ditemukan dibuku-buku nyanyian Hymne. Untuk itu seorang pemusik perlu memiliki kemampuan menganalisa dan menentukan tempo yang tepat, secara khusus jika dinyanyikan secara bersama-sama oleh jemaat ( congressional ).
TIPS TEMPO
Dibawah ini adalah beberapa TIPS yang dapat digunakan dalam menentukan tempo yang tepat.
1. Perhatikan tanda Time Signature ( TS). Walaupun tanda ini bukan merupakan penentu tempo, tetapi memberikan indikasi awal yang secara umum dipakai oleh pemusik dalam menuliskan lagunya. TS menentukan berapa jumlah ketukan rhythm dan letak aksen. TS terbagi atas simple (yang membagi ketukan menjadi dua bagian ) dan compound ( tiga bagian ).
Untuk lagu hymn klasik dengan TS simple time 4/4, 2/4, 3/4 kebanyakan dimainkan dalam tempo yang M.M= 80 -120, sedangkan untuk coumpound 6/8, 9/8, 12/8 walaupun tempo yang dipergunakan sama dengan simple tetapi terasa sedikt lebih cepat karena adanya pembagian setiap ketukan menjadi 3.
Sedangkan lagu hymn kontemporer bergantung kepada pada gaya musik yang dimainkan. Secara umum worship/penyembahan kebanyakan dalam tempo lambat ( M.M = 60 - 86 ) dan menggunakan irama 8 beat atau ballad/slowrock, sedangkan prise/pujian dalam tempo yang cenderung cepat ( M.M = 96< ), misalkan rock M.M 120 – 150 an, Swing/Jazz m.m 120- 180an. 2. Perhatikan isi teks lagu, apakah bernuansa senang, sedih, penerungan, pembangkit semangat. Isi teks mempengaruhi mood/suasana lagu yang berpengaruh kepada tempo, dimana tempo lambat biasanya untuk perenungan/ pengakuan dosa/doa, sedangkan tempo cepat untuk pujian, pengagungan, membangun keakrabab, icebreaker. 3. Bacalah teks lagu dengan sesama, apakah sulir untuk dilafalkan, terutama lagu terjemahaan yang sering teksnya tidak sesuai dengan melodinya. Untuk lagu yang teksnya sulit dilafalkan sebaikanya tidak menggunakan tempo yang terlalu cepat, sehingga makna syairnya menjadi tidak jelas. 4. Perhatikan konteks ibadah tujuan dan penempatan lagu dinyanyikan dan siapakah audiencenya. Konteks ibadah mempengaruhi kita dalam menentukan tempo lagu. Lagu dengan tempo cepat cocok / banyak digunakan untuk lagu respon Pengutusan dan Pujian Pembukaan, atau lagu-lagu penggugah semangat. Sedangkan lagu yang bertempo lambat banyak digunakan saat perenungan / pengakuan dosa/doa /respon Firman TUHAN. 5. Perhatikan melodi lagu, apakah sulit untuk dinyanyikan ? Semakin sulit lagu dinyanyikan maka dianjurkan tidak menggunakan tempo yang terlalu cepat, sehingga menyulitkan jemaat bernyanyi dengan melodi yang benar. Dibawah ini beberapa tempo yang disarankan untuk lagu hymne ( per crotchet )
1. Suci, Suci, Suci ( KPPK 60, Holy, Holy, Holy ) = 96
2. Besarlah ALLAH ku ( KPPK14, How Great Thou Art ) = 88
3. Yesus Sahabat Sejati ( KPPK 150, What a friend we have in Jesus ) = 76
4. Ku Berserah pada YESUS ( KPPK 59, I Surrender All ) = 76
5. Nobatkanlah Raja ( KPPK 10 ,Crown Him w/ Many Crowns )= 112
6. Terpujilah Nama TUHAN ( KPPK 11, Blessed be the Name ) = 120
7. ALLAH BAPA hadir ( KPPK 13, GOD is in HIS temple ) = 80 ( per half note / 2/2 )
8. Kupuji Mu, TUHAN ( KPPK, 15 , Be Exalted, O Lord ) = 72
9. Mulia Bagi Nama-NYA ( KPPK 18, Glorius is THY Name ) = 120
10. Sukacita Kusembahkan ( KPPK 22, Joyful, we adore THEE ) = 120
12. Mulia Bagi ALLAH ( KPPK 26, To GOD be The Glory ) = 126
13. Kasih ALLAH ( KPPK 27, The Love GOD ) = 92
14. Mulia ( KPPK 28, Majesty ) = 88
15. Kubernyanyi Puji YESUS ( KPPK 45, Why do I Sing ) = 126
16. Maha kasih yang Ilahi ( KPPK 61, Love Devine... ) = 112
17. Inilah Dunia BAPA ( Kppk 64, This is MY FATHER's World ) =92
18. Besar Setia MU ( KPPK 66, Great is THY Faitfulness )= 100
19. Di Hatiku ada kidung Indah ( KPPK 76, In My Heart There.... )=126
20. Puji YESUS ( KPPK 76, Praise HIM )= 80 ( per dotted crotchet )