Konsep Dasar Mengiringi II

A. Pengaruh Musik terhadap diri manusia.

Musik memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia, yang mempengaruhi dan hadir dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Karena sedemikian besarnya pengaruh musik didalam kehidupan kita, maka kita perlu memahami elemen dasar musik dan pengaruhnya kepada kehidupan manusia.

Musik gereja terbagi atas 4 elemen penting yang mempengaruhi jemaat secara pribadi yaitu ;

1. Syair adalah bagian terpenting didalam pujian penyembahan, karena syair yang baik merupakan intisari dan refleksi akan kebenaran FIRMAN TUHAN, yang jika dinyanyikan /didengar berulang akan tertanam didalam pikiran bawah sadar sama halnya seperti manghafal ayat Alkitab , yang secara tidak sadar akan menjadi sebuah kekuatan yang suatu saat akan muncul memberikan kekuatan kepada orang Kristen. ( mempengaruhi otak bawah sadar )

2. Melodi merupakan kombinasi nada yang tersusun secara sistematik yang membentuk rangkaian nada yang menggabungkan antara jarak nada ( pitch ) dan jarak waktu ( durasi ). Melodi akan menjadi ciri khas dari sebuah lagu yang akn tertanam didalam otak kita menjadi sebuah ingatan. Musik tanpa syair yang didengar berulang ulang akan memberikan pengaruh kepada kinerja otak.( mempengaruhi alam pikiran )

3. Harmony, adalah keselarasan dua nada/bunyi yang akan membentuk warna musik sebuah lagu. Harmonisasi musik akan mempengaruhi karakter lagu yang secara langsung akan mempengaruhi perasaan manusia ( mempengaruhi emosi )


4. Rhythm, adalah sebuah kombinasi nilai ketuk yang membentuk pola dimana pola tersebut jika dikombinasikan dengan rangkaian melodi akan membentuk lagu. Pola ryhthm akan memberikan stimulus langsung kepada fisik manusia, yang merangsang gerak tubuh. ( mempengaruhi fisik )


Dengan keempat elemen musik diatas, maka musik didalam ibadah memengang peranan yang sangat penting, yang akan mempengaruhi keseluruhan suasana ibadah. Musik mempengaruhi secara totalitas keberadaan jemaat secara personal dan komunitas. Oleh sebab itu musik merupakan salah satu pilar ibadah yang harus dibangun dengan kokoh untuk menghasilkan ibadah yang berkualitas. Musik dan lagu yang dinyanyikan merupakan pujian yang ditujukan kepada ALLAH, tetapi juga kepada diri sendiri dan sesama.



B. Hal yang harus diperhatikan dalam mengiringi :


Sebelum mulai mengiringi, secara Teknis Musik kita dapat mulai dengan pertanyaan Apakah Saya sudah memainkan pada..........................
a) Nada dasar yang benar , sehingga jemaat tidak bernyanyi ketinggian atau kerendahan ? ( Tehnik menentukan tangga Nada )
b) Tempo lagu yang kita mainkan sudah tepat, tidak berkejaran saat jemaat bernyanyi? ( Tehnik menentukan Tempo pada lagu Hymn )
c) Chord yang sesuai dengan karakter lagu ? ( akan dibahas pada sesi harmoni )
d) Gaya Permainan / Stlye sudah sesuai karakter lagu dan dapat diterima oleh jemaat ?
e) Ekspresi / penjiwaan yang benar dengan pemenggalan melodi yang sesuai dengan kalimat pada lagu
f) Dan jika saya bermain dengan tim apakah Harmonisasi dan komposisi suara sudah terbagi dengan seimbang.


Mengingat peran yang sangat penting dalam ibadah, sebagai pemusik kita harus mampu bekerjasama dengan Tim ibadah lainnya ( Liturgist, Singer, Soundman, dll ). Terdapat 3 faktor yang harus diperhatikan seorang pemusik dalam mempersiapkan diri melayani ibadah :

1. Pemilihan Lagu :
a. Jenis/Tema Ibadah
i. Ibadah Minggu, Natal, dll
ii. Ibadah Syukur
iii. Ibadah Liturgikal, persekutuan , formal/nonformal
b. Susunan Lagu yang harus selaras tema ibadah.
i. Kelahiran Kristus
ii. Penyaliban
iii. Kasih dlll
c. Penempatan lagu pada susunan ibadah
2. Pengolahan Lagu ( Cara menyanyikan )
a. intro, bait, reff, interlude, dan kombinasinya
b. variasi yang dimungkinkan
i. overtune
ii. Perubahan Tempo
iii. Acapella dan full musik
iv. Perubahan time signature
c. Instrument yang digunakan ( Aransemen / Komposisi )
i. Solo
ii. Duet
iii. Band
iv. Group

3. Faktor Non Lagu
a. Kebudayaan Gereja
i. Liturgikal / Non
ii. Hymne v.s Kontemporer
b. Komposisi Jemaat
i. Tua Muda
ii. Moderat, Konservative
c. Sound system & tata suara